Monday 12 October 2009

Restaurant Analysis

Analisis saya mengenai R.AJA’S restoran yang terletak di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta secara garis besar sudah termasuk dalam kategori baik. Mengapa saya bicara baik? Karena dalam kuisioner mereka, secara lengkap dan lugas mampu menampung saran dan kritik dari konsumen. Namun menurut saya, kuisioner tersebut masih terdapat kekurangan.

Pertanyaan-pertanyaan yang mereka hadirkan memang menarik. Seperti bagaimana konsumen bisa mengenal R.AJA’S, jenis makanan dan minuman apa yang dipesan konsumen, kunjungan yang pertama atau lebih, pendapat konsumen mengenai makanan, minuman, penyajian, pelayanan, kebersihan, suasana, musik dan harga. Serta tidak lupa saran dan kritik dari konsumen yang diminta oleh pihak R.AJA’S sendiri.

Hal yang patut disayangkan menurut saya yang mereka tidak pertanyakan adalah bagaimana lokasi keberadaan R.AJA’S itu sendiri. Mereka tidak menanyakan apakah menurut konsumen lokasi R.AJA’S sudah strategis, ramai, dan mudah terlihat oleh para calon konsumen. Pemilihan lokasi yang strategis dan tepat sangat penting karena dapat meningkatkan pendapatan atau bahkan malah dapat mengurangi pendapatan dari restoran itu tersebut.

Pantauan mengenai lokasi akan sangat membantu bagi pihak-pihak terkait, sehingga andaikata lokasi R.AJA’S tidak termasuk strategis untuk konsumen, maka pihak manajemen bisa bertindak cepat dengan cara memindahkan lokasi ke tempat yang lebih disukai konsumen, atau bahkan stategi marketingnya bisa diubah. Sebagai contoh : apabila lokasi R.AJA’S terletak di sebuah pusat perbelanjaan yang kebanyakan didatangi oleh para orang tua, maka segmen pasar R.AJA’S dapat berubah dari remaja menjadi ke orang dewasa. Ini hanya contoh dari berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan.

Dengan demikian menurut saya kuisioner tersebut hanya mempunyai satu buah kekurangan. Oleh karena itu secara keseluruhan kuisioner ini sudah mampu menampung kritik dan saran dari konsumen. Pemilihan pertanyaan yang tepat dari pihak R.AJA’S akan sangat membantu baik untuk konsumen maupun untuk R.AJA’S sendiri. Dan saya harapkan dengan adanya kuisioner ini maka R.AJA’S mampu lebih berkembang dalam memenuhi permintaan konsumen sehingga dapat mendapatkan keuntungan bagi R.AJA’S dan kepuasan bagi para konsumen.

No comments:

Post a Comment