Monday 28 September 2009

Leadership

LEADERSHIP
Definisi mengenai leadership/kepemimpinan adalah sebuah proses tentang bagaimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk mencapai suatu tujuan dan juga mengarahkan sebuah organisasi sehingga menjadi lebih terukur, jelas dan masuk akal.
Definisi dari pemimpin itu sendiri adalah seseorang yg mempunyai inspirasi dan dalang dari semua pekerjaan. Orang tersebut adalah seseorang yang mempunyai kombinasi antara kepribadian dengan kemampuan dengan atribut antara lain kepercayaan, nilai-nilai, etika, karakter, pengetahuan, dan kemampuan sehingga dapat membuat orang lain mengikuti arahannya dan bersama-sama berupaya mencapai tujuan bersama.
Ada beberapa mitos mengenai menjadi seorang pemimpin. Anda akan menemukan beberapa akan benar untuk sebagian orang dan beberapa lainnya salah dan tidak masuk akal.
- Laki-laki lebih baik menjadi pemimpin daripada perempuan
- Anda harus populer untuk menjadi pemimpin yang baik
- Anda harus mendapatkan nilai A untuk semua pelajaran di sekolah untuk menjadi pemimpin
- Anak sulung akan menjadi pemimpin yang lebih baik dibanding adik-adiknya
- Anda harus dipilih untuk menjadi pemimpin
- Anda harus menjadi diktator untuk menjadi pemimpin
- Anda perlu menjadi dewasa untuk menjadi pemimpin
Ada beberapa kriteria menjadi seorang pemimpin yang baik, antara lain :
1. Memiliki visi. Pemimpin memiliki rasa jelas di mana mereka ingin pergi dan bagaimana mereka berniat menuju ke sana.
2. Membuat keputusan. Pemimpin tidak takut untuk membuat keputusan sulit atau tidak populer karena mereka percaya diri dan kemampuan mereka. Jika keputusan yang ternyata salah, mereka belajar dari itu dan tidak melakukan hal yang sama.
3. Mengambil risiko. Pemimpin mempunyai keberanian untuk bertindak dalam situasi di mana hasil yang tidak terjamin. Mereka bersedia untuk menghadapi kegagalan.
4. Memotivasi orang lain. Pemimpin dapat memberikan dengan jelas visi dan cita-cita mereka untuk orang lain, meyakinkan mereka dengan nilai ide-ide mereka. Mereka dapat menginspirasi orang untuk bekerja menuju tujuan umum dan untuk mencapai hal yang mereka pikir tidak dapat mereka lakukan sebelumnya.
5. Membangun tim. Pemimpin produktif membuat tim yang menarik dari awal. Mereka efektif dalam kerjasama tim pelatih, konsensus, dan penyelesaian konflik.
6. Memiliki pengetahuan sendiri. Pemimpin mengetahui kekuatan, kelemahan dan dapat melihat perilaku mereka sendiri secara objektif. Mereka mengakui kekurangan, membuka diri untuk masukan, dan bersedia untuk membuat perubahan bila diperlukan.
7. Tampilan integritas. Pemimpin harus dapat dipercaya sebelum orang lain dapat mempercayai mereka.
8. Mau untuk terus belajar. Pemimpin memiliki keinginan untuk belajar dan terus tumbuh dan terbuka untuk ide-ide baru.
9. Berkomunikasi secara efektif. Pemimpin dapat menyampaikan ide-ide untuk beragam individu dan menyesuaikan gaya mereka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
10. Membantu orang lain berhasil. Pemimpin memberdayakan orang lain dan meolong mereka menemukan kredibilitas mereka sendiri.
Kepemimpinan mengalir dari inti kepribadian dan tidak dapat diajarkan, meskipun mungkin dapat ditingkatkan melalui coaching atau mentoring.

No comments:

Post a Comment